Beranda > Curhat > Bikin NPWP Itu Gampang

Bikin NPWP Itu Gampang

Dalam sebuah kesempatan pada hari kamis (4/12), saya jalan-jalan ke FX Mall jalan Sudirman. Begitu saya masuk ke lantai dasar, terlihat disebelah kana lift ada autlet kecil yang bertuliskan POJOK PAJAK. Saat itu hari menjelang sore. Ramai pengunjung FX antri mengurus pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)   .

Ternyata kehadiran POJOK PAJAK di FX hari itu khusus selama dua hari saja. Tanpa pikir panjang saya mencoba mendekat. Ternyata kalau buat NPWP disitu hanya cukup menunggu 2-3 jam saja dan hebatnya langsung jadi. Mungkin kalau saya datang lebih pagi ke FX, pasti selesai dalam hitungan menit kali ya…

Saat membuat NPWP, hanya diminta KTP untuk di fotocopy lalu isi formulir. Hanya itu saja kok!. Sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Enaknya lagi bagi warga daril uar Jakarta tidak perlu repot pulang kedaerah untuk membuat NPWP. Cukup mengurusnya di POJOK PAJAK, karena database yang digunakan wajib pajak sudah online diseluruh Indonesia. Bahkan bila kita karyawan atau memiliki perusahan namun lupa NPWP perusahaan tidak usah khawatir. Bisa di cek petugas pajak ke database dikomputer. Mudah bukan??

Oya, sebenarnya kemudahan ini hanya berlaku sampai 31 Desember 2008. Setelah itu katanya akan lebih banyak lagi persyaratan dalam mengurus NPWP. Kemudahan untuk sementara, kalau keluar negeri akan dibebaskan biaya fiskal. Bahkan ada rencana oleh pemerintah bagi yang tidak punya NPWP bila hendak keluar negeri per 1 Januari 2009 akan dikenakan biaya fiskal Rp 3 juta. Bandingkan saja dengan besaran bayaran fiskal sekarang yang hanya Rp 1 juta. Begitu juga jikalau mau ambil kredit di bank. Kalau tak ada NPWP permohonan kredirnya di tolak. Wah wah…..

Makanya bagi yang belum punya NPWP buruan buat. Tidak menakutkan kok, malah justru memudahkan bagi kita. Saya sendiri merasakannya. Kesannya kurang “gaul” kalau belum punya NPWP. Seperti kata iklan, “ Apa Kata Duniaaaaa……”

  1. Desember 15, 2008 pukul 1:51 pm

    wah jadi inget lagu di film naga bonar jadi dua:
    apa kata dunia…bila kau tak bersamaku eh..eh… maksudnya gak punya NPWP
    huahahaha:)

  2. RSM
    Desember 15, 2008 pukul 2:04 pm

    Hmmmm

    Finaly, NPWP sudah dibuat juga…
    Buat yang belum ayo manfaatkan moment moment tentang perpajakan dan kebijakan nya di sunset policy 2008.

    Jadi beli rumah ? jadi beli mobil ? jadi beli hmmm apa ya…. syarat ditanya pasti NPWP ….
    Good good good..

    Beliiiii….iinnnnnnn …

  3. Desember 26, 2008 pukul 5:49 pm

    salam…puehaba tgkkk

    tukar2 lnk ya…makasih atas kerjasama

  4. Januari 5, 2009 pukul 2:56 pm

    perhitungan NPWP perorangan gmana sich?misalnya aq kerja gajiqu Rp 1.000.000 pajak yg harus saya bayar brapa?perbulan atau pertahun?
    kalo saya mahasiswa dan belum bekerja dan mau holiday ke luar negri apakah tetap harus bayar fiskal sedangkan saya belum ada penghasilan dan tidak ada NPWP..Tolong dijawab ya buat yang bisa jawab..thanx…

  5. Januari 20, 2009 pukul 11:14 am

    Sip makasih infonya..sekarang udach gampang bikin NPWP

    ——–

    Baka Kelana : gimana udh punya NPWP..?

  6. joe
    Maret 2, 2009 pukul 10:48 pm

    yang penting kan uangnya… he he

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: