Beranda > Renungan > Merebut Hati Istri

Merebut Hati Istri

Rasulullah SWT, bersabda :

“Tidak ada yang memuliakan perempuan dengan sejati kecuali laki-laki yang pemurah (dermawan) dan tidak seorangpun yang menghina mereka (perempuan) kecuali laki-laki yang kasar.”

Hadis diatas saya ambil dari buku Nasihat Indah Untuk Suami Istri Menurut Alqur’an dan Assunah yang ditulis oleh Syekh Omar Bakri Muhammad. Makna yang terkandung dari hadis tersebut cukup dalam karena bagi laki-laki yang telah menikah dan mempunyai anak, posisi istri sangat memegang peranan penting dalam sebuah keluarga. Sang suami tak boleh egois dan mesti pandai menjaga perasaan istrinya.

Para suami sangat dianjurkan untuk mempelajari dan memperhatikan apa yang disukai oleh istri. Cobalah sebisa mungkin untuk dapat memberikan apa yang dia suka dan jauhkan sesuatu yang dia tidak suka atau dia benci. Jadikanlah kebiasaan untuk memanggil istri dengan sebutan-sebutan yang dia sukai. Tapi sebutan itu hendaklah keluar dari mulut anda dengan lembut dan iklas serta tentu haruslah sejujurnya.

Mendengarkan dengan baik ketika istri berbicara, terutama pembicaraan yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang dia hadapi dan berkeinginan untuk meminta pendapat serta pemikiran anda. Hendaklah ketika mendengar istri berbicara, anda mendengarkan dengan segenap perasaan.

Jagalah kebersihan badan. Hiasi dan perindah penampilan agar dikagumi oleh istri. Jangan biarkan istri anda merasa bahwa dia tidak penting atau keberadaannya dirumah merupakan orang yang kurang berarti. Sebaliknya buatlah dia merasa terhormat dan dibanggakan. Jangan lupa selalu menyebutkan hal-hal yang baik tentang istri ketika berada didepan keluarganya ataupun keluarga anda, baik dia hadir saat itu atau tidak.

Nah, tunggu apa lagi. Sekarang saatnya memulai dan merubah diri anda dalam memperlakukan sang istri. Namun bagi yang belum menikah, tentu nasehat rasullullah tersebut dapat dijadikan contoh atau salah satu cara dalam memperlakukan perempuan.

  1. zulfaisalputera
    Mei 5, 2008 pukul 3:03 pm

    Rasulullah telah memberikan banyak contoh bagaimana bersikap dan memperlakukan perempuan. Sebagai rusuk dari laki-laki sudah seharusnya perempuan mendapat tempat terhormat dalam hati laki-laki. Ingat, kesuksesan dan kejayaan laki-laki saat berusaha di luar rumah adalah karena keikhlasan dan doa perempuan. Maka berbahagialah laki-laki yang bisa mejadikan istrinya sebagai bagian dari hidupnya.

    Tabik!

  2. melatimoe
    Mei 24, 2008 pukul 7:06 pm

    Fitnah dan kerusakan muka bumi adalah jika tidak ada pernikahan, pernikahan tidak akan merusak bumi jika ada istri yang sholeh, istri yang shaleh tak terlepas dari dukungan dan peran sang suami…peran suami sangat penting dalam membentuk akhlak sang istri membentuk mental yang sekuat baja namun selentur akar…
    Setuju bang… “perlakukan wanita dengan kelembutan”…. andai…..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: