Beranda > Curhat > Kejar Target!

Kejar Target!

Minggu ini dan minggu depan akan menjadi hari yang begitu melelahkan buat saya. Minggu ini kuliah sudah memasuki pertemuan terakhir dan minggu depan mulai ujian akhir semester (UAS). Tadi saya baru saja selesai kuliah dengan Ishadi SK. Mata kuliah yang beliau asuh, yakni Manajemen Media adalah favorite saya di semester tiga ini. Tahun depan saya sudah masuk semester empat dan sudah mulai menulis tesis.

Pada kuliah Manajemen Media tadi, Pak Ishadi memberikan review untuk UAS. Tapi untunglah, sifat ujiannya take home alias boleh dikerjakan di rumah. Tadi Pak Ishadi juga sekalian memberikan lembaran pertanyaan untuk UAS. Ujian di rumah sedikit melegakan saya karena bisa menggali lebih dalam setiap jawaban dengan bebas buka buku dan mencari literatur. Hal ini menjadi pengalaman yang menarik buat saya karena waktu Ujian Tengah Semester (UTS) sebelumnya, disuruh buat makalah. Alhamdulillah makalah saya bersama seorang temen (namanya mas Daru Priyambodo) menjadi makalah terbaik. Begini Pak Ishadi menulis disampul makalah saya, “Bagus sekali, salah satu UTS terbaik.” Lalu beliau menambahkan tulisannya setelah kalimat tadi, “Bisa diperdalam buat thesis”.

Itu tadi Manajemen Media. Lalu bagaimana dengan lainnya. Nah, repotnya dari empat mata kuliah hanya satu UTS yang ujian tulis dikelas yaitu Ekonomi Media. Nih mata kuliah bikin saya benci tapi rindu. Ini bukan tanpa sebab karena isi kuliahnya tidak seperti saya bayangkan, pake hitung-hitungan segala, kurva, dan rumus-rumus ekonomi yang memang berat buat saya. Awalnya saya kira kuliah Ekonomi Media murni bicara media sebagai sebuah industri. Eh tak tahunya ribet deh. Temen kuliah yang juga wartawan di Tempo Group sampai geleng-geleng kepala. Katanya seumur-umur jadi wartawan dia juga gak tahu kalau ekonomi media belajar seperti statistik kayak gini. Katanya, “ekonomi Media kok pake hitung-hitungan, pusing deh!”. Yang bikin saya makan hati hasil UTS pun tak dikasih tahu. Huh! Mendingan saya makan tempe aja. Kan enak begizi. Hehehe…

Sedangkan mata kuliah Government & Media Relation, baik UTS/UAS juga buat makalah. Tapi hasil makalah UTS juga gak tahu dapat nilai apa. Cuma disuruh presentasi saja. Materi usai UTS, waktu kuliah habis buat presentasi makalah mahasiswa satu persatu.

Yang terakhir, Reading Course atau kuliah mandiri. Saya harus mempersiapkan makalah seperti proposal tesis minus metode penelitian. Selama semester tiga ini saya harus melakukan bimbingan empat sampai enam kali pertemuan dengan dosen. Celakanya punya saya belum selesai karena saya mau hasilnya sempurna. Malas bimbingan, hehehe….. Yang bikin saya repot, batas waktu tinggal beberapa hari lagi dan tidak boleh lewat bulan dua belas. Nah kalau lewat gak dapat nilai. Waduh.

Jadi praktis, ujian akhir semester ini membuat saya tak bisa tidur. Skornya : tiga mata kuliah bikin makalah dan satu ujian tulis plus tugas kelompok. Ihh….!! Amit amit deh gimana mau dapat nilai A. Capeee deh!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: